Selasa, 25 November 2014

Fotografi & Jenis Kamera

Kata fotografi terbagi dari dua kata yang dalam bahasa Yunani yaitu "photos" berarti cahaya dan "grafo" berarti melukis. Dengan demikian, Jika diartikan secara keseluruhan menjadi proses melukis atau merekam dengan bantuan media cahaya melalui alat rekam film (kamera analog) maupun sensor digital pada kamera (kamera digital).
Terkait dengan hal-hal tentang fotografi tentu tidak bisa lepas dengan alat perekamnya yaitu kamera, berasal dari bahasa latin camera obscura yang berarti "ruang gelap". Alat ini berfungsi merekam gambar melalui lensa yang dipantulkan ke media rekam digital yang berada didalam kamera, yaitu sensor digital seperti CMOS atau CCD.

Jenis kamera digital
Seiring perkembangan teknologi kamera digital terdapat 4 (empat) jenis berdasarkan ukuran dimensi maupun ukuran dari sensor yang digunakan.
  1. Kamera ponsel/handphone
    Terdapat pada media komunikasi kita handphone dengan ukuran dimensi yang handy sekali namun tetap memperhatikan kualitas gambar yang direkam. Akhir-akhir ini kamera ponsel sangat mengalami perkembangan pesat sehingga sanggup menandingi jenis kamera diatas kelasnya seperti kamera pocket/saku. Jenis kamera ini lebih disukai oleh pengguna selain gampang dibawa-bawa juga mudah dan cepat sekali dalam hal sharing ke media sosial online yang sedang booming.
  2. Kamera saku/pocket
    Kamera ini mempunyai ukuran yang gampang dibawa-bawa dengan dikantongi di saku,
    mempunyai utama sebagai kamera saja. Sekarang, sudah terdapat kamera saku yang mendukung wifi sebagai media transfer data secara cepat serta gps yang berfungsi untuk mendapatkan informasi koordinat lokasi pengambilan foto dan disertakan pada file foto kita nantinya. Dapat juga untuk menampilkan peta lokasi foto tersebut yang ditampilkan di LCD kamera ini, dapat berfungsi pula sebagai kompas. Jenis kamera ini juga mengalami peningkatan akan daya tahan goncangan, benturan maupun tahan air hingga kedalaman tertentu.
  3. Kamera prosumer
    Prosumer camera, merupakan jembatan penengah antara DSLR dengan kamera pocket. Kenapa? karena dengan ukuran tak sebesar DSLR (ringan) namun mempunyai kemampuan mendekati kamera digital single layer reflex. Sensor yang tidak lebih besar dari DSLR dan lensa yang tidak dapat dikostumisasi membuat jenis kamera ini bisa dibilangan kamera nanggung. Namun sekarang sudah mengalami perkembangan lensanya dapat diganti-ganti.
  4. Kamera DSLR/Digital SLR (Single Layer Reflex)
    Kamera besar dengan segala kemampuan yang dapat dimaksimalkan sesuai keiinginan dari fotografernya. Dengan ukuran sensor yang lebih besar dari jenis-jenis kamera sebelumnya, lensa yang dapat dikostum, ISO (International Organization for Standardization) dan shutter speed yang dapat diatur pula membuat kamera ini menjadi idola para fotografer. Terdapat 4 mode foto yang standart ada yaitu M, A, S, P serta fitur-fitur tambahan sesuai dengan merk dan seri tipe kameranya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar